Tuesday, October 7, 2014

Macam-macam dan pengertian teori pembelajaran

Definisi pembelajaran secara psikologis adalah proses untuk menggabungkan antara aspek emosional, kognitif, dan pengalaman untuk mendapatkan suatu perubahan. Pada saat proses pembelajaran berlangsung diharapkan siswa akan fokus pada apa yang disampaikan oleh guru. Pengertian dari teori belajar adalah usaha untuk melukiskan bagaimana hewan atau orang belajar, yang pada akhirnya dapat membantu kita dalam memahami segala proses dalam pembelajaran.

Berikut ada macam-macam Teori Belajar:

1. Teori belajar Behaviorisme

Pencetus dari teori ini adalah gagne dan berlin, teori ini menjelaskan mengenai perubahan tingkah laku akibat dari pengalaman yang pernah dialami. Teori lalu mengalami perkembangan menjadi teori behavioristik. Aliran behavioristik menggambarkan tentang terbentuknya perilaku yang terlihat karena hasil belajar.

2. Teori Belajar kognitivisme

Perspektif dari model kognitif yaitu informasi dan pelajaran yang didapat akan diproses oleh peserta didik dengan cara menyimpan, mengorganisir serta menghubungkan antara pengetahuan baru dan pengetahuan yang masih ada. Penekanannya lebih kepada informasi yang diproses.

3. Teori Belajar Konstruktivisme

Kontruksi memiliki makna yang sama dengan membangun. Dengan adanya paham konstruktivisme maka manusia harus mampu membangun pengetahuan sedikit demi sedikit. Dengan adanya teori konstuktivisme diharapkan siswa mampu menyelesaikan masalah, membuat keputusan dan mencari ide atau gagasan.

Artikel yang lebih menarik ada disini:

No comments:

Post a Comment