Pendekatan pembelajaran yang dilakukan dalam pembelajaran tematik terpadu adalah dengan mengintegrasikan berbagai macam kompetensi mata pelajaran yang dimasukan dalam beberapa tema. Ada dua hal yang dilakukan dalam pengitegrasian tersebut yaitu integrasi macam-macam konsep yang saling terintegrasi dan integrasi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Siswa nantinya tidak mempelajari konsep dasar secara parsial sehingga proses pembelajarannya menjadi lebih utuh. Tema yang digunakan pada pembelajaran tematik terpadu berhubungan dengan kehidupan manusia dan alam sekitar. Ada beberapa kelas yang memberikan pengaruh secara substansial pada beberapa mata pelajaran bahas indonesia, matematika, PPKn, seni budaya serta prakarya. Beberapa kelas tersebut terdiri dari kelas 1,2, dan 3.
Ada beberapa mata pelajaran yang diorganisasikan ke dalam mata pelajaran yang lain karena menjadi pengembang dan pengikat kompetensi dasar pelajaran yang lain, mata pelajaran tersebut adalah IPA dan IPS. Jika dilihat secara psikologis maka kelas 1, 2 dan 3 belum mampu memahami konten yang terpisah secara abstrak. Berbeda dengan kelas 4, 5, dan 6 yang sudah memiliki daya tangkap untuk memahami sesuatu yang abstrak.
Baca artikel berikut:
No comments:
Post a Comment