Thursday, October 30, 2014

Definisi Pembelajaran Tematik Terpadu

Pendekatan pembelajaran yang dilakukan dalam pembelajaran tematik terpadu adalah dengan mengintegrasikan berbagai macam kompetensi mata pelajaran yang dimasukan dalam beberapa tema. Ada dua hal yang dilakukan dalam pengitegrasian tersebut yaitu integrasi macam-macam konsep yang saling terintegrasi dan integrasi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Siswa nantinya tidak mempelajari konsep dasar secara parsial sehingga proses pembelajarannya menjadi lebih utuh. Tema yang digunakan pada pembelajaran tematik terpadu berhubungan dengan kehidupan manusia dan alam sekitar. Ada beberapa kelas yang memberikan pengaruh secara substansial pada beberapa mata pelajaran bahas indonesia, matematika, PPKn, seni budaya serta prakarya. Beberapa kelas tersebut terdiri dari kelas 1,2, dan 3.

Ada beberapa mata pelajaran yang diorganisasikan ke dalam mata pelajaran yang lain karena menjadi pengembang dan pengikat kompetensi dasar pelajaran yang lain, mata pelajaran tersebut adalah IPA dan IPS. Jika dilihat secara psikologis maka kelas 1, 2 dan 3 belum mampu memahami konten yang terpisah secara abstrak. Berbeda dengan kelas 4, 5, dan 6 yang sudah memiliki daya tangkap untuk memahami sesuatu yang abstrak.

Baca artikel berikut:

Wednesday, October 29, 2014

TUJUAN SERTA FUNGSI PENGAJARAN REMEDIAL

Secara umum tujuan dari pengajaran remedial tidak memiliki perbedaan dengan tujuan pengajaran lainnya, dimana siswa dituntut untuk dapat mencapai standar ketuntasan belajar. Tujuan dari pengajaran remedial adalah membantu siswa yang mempunyai kesulitan dalam belajar supaya mampu mencapai nilai sesuai dengan standar ketuntasan minimun.

Berikut ada beberapa poin mengenai tujuan pengajaran remedial:

- mengukur diri sendiri yang meliputi kelebihan, kelemahan, sifat dan jenisnya dalam mencapai prestasi belajar.

- memecahkan kesulitan belajar dengan memperbaiki pola belajar

- kesulitan belajar diatasi dengan menentukan materi dan fasilitas belajar dengan baik

- memperbaiki hasil belajar dengan mengembangkan kebiasaan dan sikap-sikap baru.

- mengatasi kendala-kendala dalam belajar

- mengerjakan segala tugas yang diberikan

Fungsi Pengajaran Remedial

Dari pemaparan dan penjelasan mengenai pembelajaran remedial tentunya pembelajaran ini memiliki fungsi tersendiri dalam dunia pendidikan. Berikut akan dijelaskan fungsi pengajaran dengan sistem remedial:

1. Fungsi korektif

Fungsi korektif yaitu sesuatu yang dirasa belum sesuai dengan tujuan atau pencapaian hasil belajar maka perlu dilakukan upaya perbaikan di semua aspek proses pembelajaran. Ada beberapa hal yang akan dilakuakan perbaikan, diantaranya pemakaian metode mengajar, cara belajar, media pengajaran, dan evaluasi.

2. Fungsi penyesuaian

Fungsi penyesuaian adalah membantu siswa agar mampu menyesuaikan dengan tuntutan kegiatan belajar.

Baca artikel berikut ini:

Perbedaan KBK dan KTSP

Kurikulum berbasis kompetensi (KBK) dan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) memiliki perbedaan sebagai berikut.

1. Karakteristik KBK

a. Sistem belajar menggunakan modul. Tujuan dari sistem penggunaan modul adalah meningkatkan pembelajaran yang efektif dan efisien disekolah, baik itu waktu, fasilitas, dana ataupun juga tenaga untuk mencapai tujuan pembelajaran secara maksimal.

b. Memakai keseluruhan sumber belajar yang ada

c. Lebih menekankan pada pengalaman dilapangan.

Penekanan pada pengalaman dilapangan ini memiliki tujuan untuk lebih mendekatkan antara guru dan siswanya.

d. Strategi belajar individual dan personal.

Strategi belajarindividual disesuaikan dengan tempo belajar siswa sedangkan strategi belajar personal keunikan yang dimiliki setiap siswa baik itu bakat, minat dan kemampuan.

e. Kemudahan belajar

f. Belajar tuntas

2. Karakteristik KTSP

a. Memberikan otonomi secara luas kepada satuan pendidikan dan sekolah

b. Mempunyai pendekatan yang tepat

c. Membentuk kompetensi siswa yang meliputi strategi pembelajaran dan mengembangkan organisasi serta manajemen pendidikan.

Semoga artikel mengenai perbedaan kurikulum berbasis komputer dan kurikulum tingkat satuan pendidikan.

Artikel menarik lainnya :
mengetahui metode pembelajaran ips

Tuesday, October 21, 2014

Pendidikan Era Orde Lama

Berikut akan dijelaskan pendidikan di masa orde lama. Dasar-dasar pendidikan mulai diletakan ketika masa revolusi pendidikan. Dalam masa-masa ini tentunya menjadi masa yang sangat sulit karena banyaknya keterbatasan. Namun sesuai amanat UUD 1945 bangsa Indonesia mampu menyelenggarakan pendidikan. Walaupun dengan segala keterbatasan tapi para pengajar dan anak didik mampu melaksanakan tugasnya secara baik. Keterbatasan inilah yang akhirnya melahirkan banyak tokoh nasional yang banyak berjuang untuk mengatasi pudarnya rasa nasionalisme. Pada akhir era orde lama, pendidikan banyak disusupi oleh politik praktis yang masing-masing mempunyai kepentingan terhadap kelompoknya sehingga dijadikan alat politik. Akhirnya pendidikan indoktrinasi dimulai, tujuannya adalah untuk mempertahankan kejayaan orde lama.

Ujian-ujian negara sudah mulai dilaksanakan dalam orde ini namun sistemnya masih terpusat dan pengawasannya sangat ketat namun tetap berkualitas. Dalam masa ini jumlah sekolah dan guru juga belum terlalu banyak. Tuntutan terhadap guru dan siswa sangat tinggi yaitu mereka dituntut untuk disiplin. Sebenarnya paradigma guru pahlawan tanpa tanda jasa sudah ada sejak jaman orde lama. Beberapa kebijakan dari orde lama terkait pendidikan adalah di setiap provinsi didirikan Universitas. Maksud dari tujuan ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat memperoleh pendidikan yang berkualitas. Beberapa universitas yang didirikan pada masa ini yaitu IPB, Gajah Mada, ITB, UI dan UNAIR.

Baca artikel berikut untuk menambah wawasan:

Friday, October 17, 2014

Google Nexus 9 Tablet Android L 5.0

Kemarin pada tanggal 16 oktober 2014, secara resmi Google Nexus 9 telah dirilis oleh google. Google Nexus 9 ini adalah tablet pertama yang menggunakan sistem operasi L 5.0. yang merupakan sistem operasi android versi terbabru. Dengan menggunakan OS terbaru ini membuat Google Nexus 9 ini memiliki performa yang paling baik diantara tablet lainnya.

Google Nexus 9 ini merupakan tablet buatan perusahaan asal taiwan yaitu HTC. Tablet google nexus 9 ini sudah dilengkapi dengan spesifikasi yang tidak diragukan lagi.

Tablet Google Nexus 9 ini sudah menggunakan Chipset NVIDIA Tegra K1 Dual Denver dengan aristektur 64 Bit, dan kecepatan Quad Core 2.3 Ghz, yang merupakan processor terbaik sehingga membuat kemampuan multitaskingnya sangat baik.

Tablet ini memiliki layar dengan ukuran 8.9 inch dengan resolusi Quad HD (2048×1536). Google nexus 9 ini juga sangat ramping dengan ketebalan hanya 7.95 mm dan desain stylis khas smartphone HTC.

Google nexus 9 ini dilengkapi dengan RAM 2GB dengan processor Quad Core 2.3 Ghz. Baterai berukuran 6700 mah menambah kesempurnaan tablet ini. Google Nexus 9 menawarkan 2 pilihan memory internal yaitu berukuran 32 GB, dan 64 GB tanpa adanya Slot MicroSD. Selain itu google juga menawarkan 2 tipe google nexus yaitu tipe LTE dan tipe Wifi Only.

Harga yang dibandrol untuk mendapatkan tablet google nexus 9 ini memang cukup mahal mengingat spesifikasi yang dimilikinya juga cukup mumpuni.

Selamat berpikir untuk mempertimbangkan tablet tercanggih ini.

artikel keren lainnya :
android kitkat baru
android octa core murah terbaru
android murah berkualitas keren
android lg dual sim card
android lg terbaru
hp android lg 1 jutaan
android kitkat new

Thursday, October 9, 2014

Peluang bisnis waralaba

Saat ini para pengusaha banyak yang membidik bisnis waralaba sebagai salah satu bisnis yang menjanjikan. Dengan waralaba akan memudahkan anda yang mempunyai modal namun tidak memiliki pengalaman untuk membangun bisnis sendiri. Terlebih bila anda membeli merk dagang yang sudah terkenal dan memiliki kepercayaan yang tinggi. Tentunya potensi usaha ini memiliki jangka waktu yang lama untuk dijalankan. Perlu anda perhatikan bahwa anda harus memilih jenis waralaba yang sesuai dengan anda karena tidak semua jenis bisnis waralaba dapat cocok dengan anda.

Tentunya bukanlah hal yang sulit bagi pengusaha dengan modal yang besar untuk membeli bisnis waralaba yang memiliki harga mahal. Namun kondisi ini akan berbeda dengan calon pengusaha yang modalnya hanya sedikit, tentunya akan banyak berpikir dalam menentukan suatu bisnis. Sangat beragam sekali besarnya biaya yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis waralaba ini. Biasanya harga yang ditawarkan untuk bisnis waralaba berkisar antara 10 juta sampai 1 milyar. Namun ada yang juga yang menawarkan bisnis waralaba sebesar 5juta.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa jenis peluang bisnis waralaba dengan modal yang cukup kecil

1. Bisnis Waralaba Makanan dan Minuman

Potensi bisnis waralaba makanan dan minuman terbilang bagus karena ini merupakan kebutuhan pokok manusia. Yang menjadi tantangan adalah bagi orang yang baru memulai bisnis makanan. Dibutuhkan keuletan dan ketekunan dalam menjalankan bisnis ini.

2. Bisnis Waralaba Loundry dan Jasa Kebersihan

Bisnis loundry ini akan menjadi bisnis yang bagus apabila anda pintar dalam memilih tempat yang strategis sebagai usaha. Biasanya mitra bisnis waralaba kita akan membantu menganalisa lokasi yang strategis sebagai tempat usaha.

Artikel menarik lainnya yang perlu anda kunjungi:



Tuesday, October 7, 2014

Macam-macam dan pengertian teori pembelajaran

Definisi pembelajaran secara psikologis adalah proses untuk menggabungkan antara aspek emosional, kognitif, dan pengalaman untuk mendapatkan suatu perubahan. Pada saat proses pembelajaran berlangsung diharapkan siswa akan fokus pada apa yang disampaikan oleh guru. Pengertian dari teori belajar adalah usaha untuk melukiskan bagaimana hewan atau orang belajar, yang pada akhirnya dapat membantu kita dalam memahami segala proses dalam pembelajaran.

Berikut ada macam-macam Teori Belajar:

1. Teori belajar Behaviorisme

Pencetus dari teori ini adalah gagne dan berlin, teori ini menjelaskan mengenai perubahan tingkah laku akibat dari pengalaman yang pernah dialami. Teori lalu mengalami perkembangan menjadi teori behavioristik. Aliran behavioristik menggambarkan tentang terbentuknya perilaku yang terlihat karena hasil belajar.

2. Teori Belajar kognitivisme

Perspektif dari model kognitif yaitu informasi dan pelajaran yang didapat akan diproses oleh peserta didik dengan cara menyimpan, mengorganisir serta menghubungkan antara pengetahuan baru dan pengetahuan yang masih ada. Penekanannya lebih kepada informasi yang diproses.

3. Teori Belajar Konstruktivisme

Kontruksi memiliki makna yang sama dengan membangun. Dengan adanya paham konstruktivisme maka manusia harus mampu membangun pengetahuan sedikit demi sedikit. Dengan adanya teori konstuktivisme diharapkan siswa mampu menyelesaikan masalah, membuat keputusan dan mencari ide atau gagasan.

Artikel yang lebih menarik ada disini: